cover
Contact Name
Ahmad Azmy
Contact Email
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Phone
+6281293898547
Journal Mail Official
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto No.Kav. 97, RT.4/RW.4, Mampang Prpt., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani
Published by Universitas Paramadina
ISSN : 26150662     EISSN : 2615580X     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal ini memuat hasil penelitian pada bidang manajemen dan bisnis. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam bentuk kajian empiris, konseptual, studi kasus, catatan penelitian, dan studi literatur. Jurnal ini mempublikasikan pertama pada tahun 2019. Fokus Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani memuat hasil penelitian meliputi manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan & aplikasi pasar modal, bisnis syariah, kewirausahaan, kemitraan, dan operasional termasuk logistic.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): Juli 2021" : 5 Documents clear
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (SURVEI PADA PT MULIA MEGA MAKMUR): PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (SURVEI PADA PT MULIA MEGA MAKMUR) Tutut Wahyudi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 3 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim komunikasi terhadap organizational citizenship behavior (ocb) pada karyawan PT Mulia Mega Makmur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan gaya kepemimpinan yang dikemukakan oleh Hersey dan Blanchard, dimensi iklim komunikasi oleh Redding serta pedekatan aspek organizational citizenship behavior oleh Organ. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai setingkat Department Head ke bawah dengan populasi 50 orang dan menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampelnya adalah seluruh orang dalam populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square- Structual Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel gaya kepemimpinan dan iklim komunikasi berpengaruh positif dan signifikan serta simultan pada organizational citizenship behavior dengan nilai R-Square sebesar 0,613. Selain hasil tersebut, ditemukan bahwa iklim komunikasi menjadi variabel yang lebih dominan mempengaruhi organizational citizenship behavior dibandingkan variabel gaya kepemimpinan dengan nilai SE untuk kedua variabel 32,2% dan 29,1%.
ANALISIS FINANCIAL ENTITAS, TREND HARGA SAHAM DAN ISU AKTUAL SAHAM DENGAN CAPITAL MARKET EMITEN TERBESAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2017-2020 Rofiki
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 3 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis finansial entitas, trend harga saham dan isu aktual saham diharapkan mampu menjadi pedoman investor dalam keputusan investasi, yang lebih logis tanpa adanya unsur fluktuatif yakni dengan menganalisa keadaan suatu perusahaan yang nantinya dapat mengetahui prospek untuk periode selanjutnya, namun dengan perkembangan zaman yang begitu cepatnya kemajuan teknologi informasi sehingga berdampak pada pola kerja investasi yang berbentuk digital asset (saham).Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis finansial ASII menempati peringkat pertama sebagai rasio keuangan terbaik tetapi dari segi pengelolaan total asset kuarng baik, sementara TLKM likuid namun masih lebih rendah profitabilitasnya dari UNVR. Berdasarkan perhitungan PER nilai intrinsik saham ASII berada dalam posisis undervaluaded sementara TLKM dan UNVR dalam keadaan overvaluaded, perhitungan PBV nilai intrinsik semua perusahaan yang di analisis berada dalam posisi overvaluaded. Analisis tren harga saham berdasarkan MA, MACD, dan RSI menunjukkan bahwa semua saham berada dalam trend bearish, dan untuk TLKM dan UNVR di periode setelah tahun 2020 menunjukkan sinyal negatif tanda berlanjutnya trend bearish. Sementara secara isu aktual didominasi UNVR sebagai consumer good dan TLKM sebagai penyedia telekomunikasi.
Brand Heritage: Telaah Identitas Merek dan Persepsi Konsumen Adman Nursal
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 3 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

As a relatively new thing, the concept of brand heritage is starting to attract the attention of marketing researchers. Several concepts that emerged later, both from the perspective of brand identity and perceived brand, criticized the previous concepts. By reviewing the literature, this article views, from a brand identity perspective, the elements of brand heritage proposed by Urde et al. (2007) is the most appropriate concept to describe the phenomenon. From the perceived brand perspective, the omniporal perceived brand heritage scale and the perceived brand heritage scale based on heritage aspects are both relevant, but it is proposed to rename them into brand heritage image and perceived brand heritage, respectively. This theoretical study also offers a matrix of conceptual brand heritage categories that is useful as a roadmap for further research.
The Impact of Covid-19 Pandemic on Indonesian Consumer and Business Confidence Indicator salsabiila naedi; Muhammad Iksan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 3 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Our study has two main aims, which are to utilize the pandemic of coronavirus as a subject of interest. First, this paper purposes of explaining the impact of the coronavirus rate, including the new cases and mortality rate, on consumer sentiment using a proxy of consumer confidence indicators. By the first aim, this paper captures the impact of the pandemic on the consumer side. Second, this paper also aims to explain the impact of coronavirus figures, including the new cases and mortality rate, on the business sentiment using a proxy of business confidence indicators. By the second aim, this paper seizes the impact of the pandemic on the producer side. There is an abundance of international studies that have similar research aims to our study, i.e., Teresine et al. (2021), Chong et al. (2021), Barro et al. (2020), and Baker et al. (2020). Most of these studies emphasize their attention to COVID-19 cases from international cases, i.e., the United States, the Eurozone, and the People's Republic of China. However, a study by Chong and colleagues assessed the impact of the coronavirus on ASEAN countries descriptively. Their studies separately analyzed several Southeast Asian country's economic figures for the first two quarters in 2020. Our result indicates that the impact of COVID-19 on both indicators, consumer and business, is different. This study only finds statistically total death confirmed cases affect business confidence. Our study corroborates with findings from Teresina et al., whose results argue that the spread of pandemics did not affect the consumer confidence index in the Eurozone. Although using different business sentiments, our study finds a similar pattern: business sentiment reacts to increasing total cases confirmed. We suggest our readers have to take our findings with a grain of salt because of the limitation of observations.
Manajemen dan Tata Kelola Kemitraan Lintas Sektor Dalam Kegiatan Pameran Seni Rupa di Museum Basoeki Abdullah Jakarta Studi Kasus: Pameran Narasi Mitos dan Legenda Gilang Cempaka; Ayoeningsih Dyah W; Mohamad Sajili
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 3 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen dapat diartikan sebagai kegiatan mengelola, mengatur, dan melaksana agar sebuah kegiatan dapat bekerja dengan efektif dan efisien, dimana hal yang berkait pengaturan dapat membantu menyelesaikan sesuatu proses agar yang optimal baik dalam aspek sumber daya manusia, materi, keuangan dan struktur organisasi agar efektif dan efisiensi. Dalam kegiatan sebuah pameran, kegiatan manajemen digunakan untuk tata kelola antar kemitraan agar pameran tersebut dapat diwujudkan, diterima dan diapresiasi dengan baik oleh publik. Kemitraan sebagai dasar kerjasama lintas sektoral digunakan untuk merealisasikan dan membangun fondasi dalam sebuah kegiatan, dalam hal ini adalah pameran seni rupa yang diselenggarakan di Museum Basoeki Abdullah dengan tema Narasi Mitos dan Legenda Indonesiaā€¯, di Museum Basoeki Abdullah yang diselenggarakan pada periode Juli 2020. Kemitraan yang dibentuk antara 3 elemen- triplehelix, yakni unsur pemerintah diwakili Museum Basoeki Abdullah (Musbadul), NGO, Komunitas 22 Ibu dan unsur pendidikan yakni Universitas Paramadina diangkat menjadi studi kasus yang membahas dan analisa program kemitraan, serta pendekatan ilmu manajeman sebagai dasar tata kelola pelaksanaan kegiatan pameran yang akan diselenggarakan. Pelaksanaan pameran yang baik dengan respon audiens yang positif merupakan salah satu indikator dalam keberhasilan pameran tersebut, dan komponen tersebut dapat dilihat dari data kunjungan, liputan media, serta respon positif dari berbagai kegiatan post event yang dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu melalui wawancara mendalam dengan narasumber dan menyebarkan kuisioner kepada pengunjung pameran sehingga dapat diketahui keberhasilan pameran ini. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui keberhasilan manajemen dan tata kelola pameran yang merupakan hasil dari kerjasama tiga unsur yaitu pemerintah, NGO, dan pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 5